![]() |
Lokasi Nepal diantara India dan China. |
Merujuk pada hasil sensus penduduk Nepal tahun 1991 penduduk muslim pada Nepal menempati urutan ke tiga dengan jumlah populasi sebanyak 591,340 jiwa dibawah pemeluk kepercayaan Hindu dan Budha. Setara menggunakan 3.8% berdasarkan keseluruhan penduduk Nepal. Angka tersebut ditengarai jauh lebih kecil menurut nomor sebenarnya.
Secara garis besar muslim Nepal dibagi ke pada 4 etnis besar masing masing adalah Muslim India, Khasmir (Khasmiri), Tibet (Tibetan) dan Muslim orisinil Nepal (Nepali). Selain itu masih ada lagi muslim Nepal gunung yg memang tinggal pada kawasan pegunungan, mereka adalah keturunan berdasarkan orang tua campuran dan rata homogen merupakan keturunan dari bunda yg merupakan orang Nepal gunung. Perbedaan etnis tadi secara kasar dapat terlihat dari penampilan fisik mereka, bahasa sehari hari yg digunakan, budaya & pula mereka memang nir berbaur satu menggunakan yang lainnya.
Islam pertama kali diperkenalkan di Nepal sang para saudagar Arab pada abad ke 5 Hijriah/11 Masehi yang datang ke lembah Kathmandu untuk berniaga. Setelah itu sebagian tentara muslim dari pasukan Ikhtiyar Uddin Muhammad bin Bakhtiyar Khilji yang menginvasi Tibet pada tahun 1206 pernah menjejakkan kaki pada Nepal untuk beberapa ketika, Ikhtiyar Uddin merupakan panglima pasukan Sultan Qutb uddin Aybak menurut Kesultanan Delhi, yang menguasai daerah barat laut India berpusat pada Delhi.
Sedangkan muslim Kashmir (India) dipercaya sebagai muslim pertama yang bedomisili di Nepal. Gelombang pertama muslim Khasmir masuk dan menetap di Nepal pada masa kekuasaan Raja Ratna Malla (1482-1520) dari dinasti Malla. Mereka merupakan para saudagar yang melakukan perdagangan dengan Tibet lalu juga berdagang di Nepal. Barang dagangan mereka berupa karpet, bahan bahan kulit binatang dan bahan bahan yang terbuat dari woll.
![]() |
Jemaah sholat Ied di Masjid Kashmiri Takiya. |
Kini muslim Khasmir pada Nepal dikenal menjadi kalangan muslim terpelajar dan masuk pada kelasnya para pebisnis sukses. Beberapa dari mereka bahkan sudah masuk ke dalam jajaran birokrasi & politik. Muslim khasmir bahkan mempunyai huma pemakaman yang spesifik diperuntukkan bagi muslim Khasmir (khasmiri) pada daerah Shayambhu.
Kasta Masyarakat Nepal Paling Bawah
Gelombang kedua muslim India masuk ke Nepal & tinggal pada di wilayah Terai (perbatasan India & Nepal) dalam abad ke 19 tepatnya pada tahun 1857M. Tahun 1857 wilayah Terai diakuisisi oleh Nepal pada bawah Perdana Menteri Jung Bahadur bersama kerajaan Inggris. Hal tersebut sebenarnya upaya Inggris agar muslim tidak terkonsentrasi pada India yang semakin membahayakan penjajahan Inggris atas India. Di bawah tekanan penjajah Inggris, Muslim pada wilayah perbatasan mengungsi ke daerah Terai yang dijadikan daerah Nepal. Sejak ketika itu Muslim tunduk dalam undang-undang Kerajaan Nepal tahun 1853 sebagai masyarakat Negara dengan kasta terendah.
Sebagian besar muslim di wilayah Terai tadi bukanlah pendatang tetapi menjadi bagian muslim Nepal lantaran 4 distrik territorial mereka yg tadinya adalah wilayah India utara dimasukkan ke pada teritori Nepal sang Inggris menjadi hadiah buat raja Nepal yang membantu Inggris pada perang terhadap kerajaan Nawab berdasarkan Oudh yang ingin merdeka.
Muslim dari Tibet masuk ke Nepal awalnya jua buat berdagang dan lalu menetap di Nepal. Dalam sebuah kunjungan kenegaraan Raja Ratna Malla ke Lhasa, beliau juga mengundang para pengusaha muslim Tibet buat membuka bisnis pada Kathmandu. Dan muslim pendatang berdasarkan Tibet bertambah pada era 1960-an sebagai dampak gejolak politik di Tibet. Kini muslim Tibet yang terdapat di Nepal sudah berbaur menggunakan rakyat setempat baik bahasa, budaya sampai cara berpakaian merekapun telah seperti orang Nepal. Muslim keturunan Tibet rata rata sukses, mereka masih melanjutkan usaha dengan Tibet tanah leluhur mereka & tentunya menggunakan China yang kini berkuasa pada Tibet.
![]() |
Masjid Jami Nepal. |
Ketika Angin perubahan berhembus
Selama berabad abad lamanya muslim Nepal hayati pada ketertindasan penguasa & mengalami ketertinggalan hampir disegala bidang galat satu sebabnya merupakan status sosial mereka yg berada di kasta paling bawah mengakibatkan mereka tak mempunyai akses ke dunia pendidikan sampai politik. Tahun 1951 kekuasaan rezim dinasti Rana Berahir. Raja baru kurang bersimpatik menggunakan Muslim lantaran dipercaya orang orang dekatnya dinasti sebelumnya. Perubahan kondisi politik mulai terjadi pada tahun 1959 menggunakan keluarnya konsitusi baru & pembentukan pemerintahan yang dipilih secara demokratis menggunakan B.P. Koirala sebagai perdana menteri, tetapi kemudian sistim pemerintahan yg baru terbentuk ini dibubarkan oleh raja Mahendra setahun lalu Dan menggantinya menggunakan sistim monarki terpimpin yg baru.
Tetapi sejak tahun 1960 itu pula tersebut raja Mahendra menghapus Undang undang tahun 1853 dengan menerbitkan undang undang baru yang mengangkat status kewarganegaraan muslim setara menggunakan warga negara lainnya. Meskipun UU tahun 1963 ini memberikan kebebasan beragama namun permanen melarang perpindahan agama (dari Hindu ke Islam) dan tetap melarang perceraian sebagaimana diatur dalam UU tahun 1853. Pelanggaran terhadap anggaran tadi akan dikenakan penjara selama 3 tahun. Raja Mahendra jua mengangkat satu orang wakil berdasarkan muslim buat duduk di Dewan Perwakilan Nasional (Panchayat) & nir ada larangan bagi pendirian madrasah.
Perubahan politik Nepal terjadi lagi ketika Nepal bertransformasi berdasarkan system monarki Hindu kepada system demokrasi multi partai di tahun 1990 Perubahan tadi jua memberi perubahan signifikan bagi muslim Nepal. Dengan keluarnya undang undang kesetaraan tanpa diskriminasi kepercayaan , ras, jenis kelamin, kasta, suku ataupun ideologi. Dan dengan sendirinya mengahapus superioritas Hindu selama berabad abad di negeri itu.
Hasilnya merupakan 31 pemimpin muslim bisa ikut dan buat pertama kali pada kancah politik Nepal dengan ambil bagian dalam pemilu tahun 1991 dan lima berdasarkan mereka berhasil terpilih. Tiga dari mereka masuk dalam jajaran anggota kongres Nepal (dari partai komunis & partai Sadbhavana) sedangkan Sheikh Idris yg menjadi anggota kongres jua masuk ke dalam jajaran kabinet.
![]() |
Kashmiri Takiya. |
Muslim Nepal sekarang sedang berjuang mendapatkan hak atas 10% jatah kursi di dewan perwakilan, kursi di parlemen dan meminta pengesahan hari akbar Islam sebagai hari libur nasional. Lebih radikal lagi sekelompok muslim disana berjuang buat mendapatkan identitas tersendiri bagi muslim Nepal. Segera setelah terjadi perubahan konstitusi tadi, imam Masjid Jami Kathmandu memimpin satu delegasi menghadap Perdana Menteri K.P. Bhattarai mengajukan 14 poin permintaan.
18 Mei 2006 Parlemen Sementara Nepal mengesahkan undang undang baru yg secara tegas menyebutkan bahwa Nepal adalah sebuah Negara merdeka, berdaulat & Sekuler. Undang undang tadi lalu dimasukkan ke pada Konstitusi Sementara pada bulan Mei tahun 2007 yang menyatakan bahwa Nepal merupakan sebuah negara yang Independen, invisible, berdaulat, sekuler dan inklusif dan Negara yg berdemokrasi secara penuh. Dewan perwakilan yg terpilih dalam pemilu di tahun tadi harus mengesahkan hal teresebut.
Ancaman Terhadap Pimpinan Organisasi Islam Nepal
Salah satu organisai Islam di Nepal yg berupaya menaikkan pendidikan ummat Islam Nepal adalah Persatuan Islam (islami Sangh), Sekretaris Jendral organisasi ini bernama Faizan Ahmad Ansari pada tanggal 26 September 2011 silam sebagai korban penembakan oleh 2 orang pria bersenjata tak dikenal dan nyawanya tak tertolong. Kala itu dia baru saja selesai menunaikan sholat pada masjid yg lokasinya justru di depan pos polisi di kawasan metropolitan Kathmandu. Di bawah guyuran hujan deras dua pria berjas hujan memberondong beliau dengan peluru sampai meninggal. Pembunuhan itu memicu protes & kemarahan dari pendukung & keluarga dia. Beliau bukan satu satunya pemimpin muslim yg sebagai korban penghilangan nyawa di Nepal, sebelumnya seorang pengusaha media muslim setempat, Jamin Sahah jua mengalami nasib serupa pada saat yg tidak berselang terlalu lama .
Serangkaian pembunuhan dan percobaan pembunuhan terhadap tokoh tokoh muslim pada Nepal mengundang kecaman dari berbagai pihak termasuk dari tokoh tokoh kepercayaan selain Islam pada Nepal. Peristiwa tersebut berujung pada pencopotan ketua kepolian Kathmandu dan pembentukan komisi penyidik masalah penghilangan nyawa tadi namun tak menjadikan hasil. Lebih jauh ummat Islam Nepal kini menuntut pengunduran diri wakil Perdana Meteri dan Menteri pada Negeri Nepal sebagai bentuk tanggung jawab atas serangkaian penghilangan nyawa terhadap tokoh tokoh Islam pada negeri tadi.
Al Qur?An berbahasa Nepal
Muslim Nepal kini mampu mempunyai kitab suci Al Qur?An terjemahan bahasa Nepal sebagai upaya penyebaran dakwah pada kalangan umat Islam pada sana. Terjemahan Al-Quran berbahasa Nepal mencakup 1.168 laman, ditulis dengan goresan pena Nepal dengan menyertakan ayat-ayat Al-Quran yang diterjemahkan dalam tulisan Arab. Untuk tahap pertama, terjemahan Al-Quran berbahasa Nepal dicetak lebih menurut lima.000 eksemplar, 2.500 antara lain dikirim ke New Delhi (India), Buthan, & Myanmar hingga lalu semakin banyaklah Muslim Nepal yang mengenal balik Islam lewat ayat-ayat Al Qur?An dalam bahasa yang mereka pahami.
------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di@masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------
Baca Juga
Islam di Guyana (Republic of Guinea)
Islam di Siera Leone (Afrika Barat)